Thursday, August 11, 2016

Dibantu Sony dan Autodesk, drone ini mampu buat peta 3D



Drone sedang sangat 'booming' saat ini, dan berbagai perusahaan yang memproduksi robot udara ini makin kompetitif agar produk mereka makin laris. Seperti salah satu perusahaan asal Amerika Serikat ini, yang memproduksi drone dengan kemampuan istimewa.

Dilansir dari The Verge (7/3), 3D Robotics, salah satu perusahaan pembuat drone, mengumumkan kerjasamanya dengan Autodesk dan Sony, untuk memproduksi drone dengan versi 'high-end.' Drone ini mampu memindai sebuah lokasi, dan mengunggah model 3D atau peta 3D yang bisa langsung diakses oleh yang berkepentingan.
 
 
Dalam pengembangannya, drone ini ditujukan untuk memindai sebuah lokasi konstruksi, atau jembatan yang membutuhkan inspeksi, agar para insinyur dan arsitek lebih mudah untuk mendapat informasi.
Drone yang bernama Solo ini sebelumnya menggunakan kamera dari GoPro. Namun saat ini diumumkan bahwa mereka akan menggunakan Sony UMC-R10C, kamera yang masih akan dirilis bulan depan. Kamera ini mampu menangkap gambar dengan lebih detil, dan kemampuan untuk mengunggah gambar tersebut tanpa drone harus mendarat dan mencopot SD card.
Lebih jauh lagi, 3D Robotic akan menjalankan kerjasama lebih jauh dengan memproduksi kamera multispectral dan thermal, yang dirancang khusus untuk memindai lokasi agrikultur serta pengeboran minyak.
Di sisi lain, Autodesk sendiri sudah terjun di dunia drone sejak lama. Tahun lalu mereka berinvestasi di perusahaan lain bernama SkyCatch, di mana mereka menggunakan drone untuk membuat peta konstruksi 3D secara real-time, yang langsung digunakan untuk mengarahkan buldozer raksasa.

[ Sumber : http://www.merdeka.com ]

No comments:

Post a Comment

Dapatkan soft-disain rumah tempat tinggal di halaman [KLIK DISINI]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...